Kamis, 19 November 2015

Lakukanlah beberapa hal ini agar terhindar dari penyakit diabetes

Sudah berapa banyak orang terdekat disekitar anda baik itu kerabat ataupun teman yang mengalami gangguan kesehatan yakni terkena penyakit diabetes mellitus / DM ? atau sudah berapa banyak biaya dan waktu telah dihabiskan oleh dirinya untuk mengobati penyakit tersebut ?

Jawaban atas pertanyaan diatas mungkin sudah anda ketahui, jika kita telah terkena penyakit seperti diabetes mellitus ini maka perjalanan hidup untuk melangkah kedepan agak lebih berat untuk dijalani. Mengapa demikian ? Hal ini dikarnakan seorang penderita diabetes mellitus mau tidak mau harus menjaga pola makannya, yang mana kebebasan dalam hal mengkonsumsi makanan dan minuman yang enak dan nikmat sudah tidak bisa seperti dulu lagi ketika kondisi kesehatannya masih dalam keadaan normal dan baik.

Jika hal ini tidak terkontrol maka konsekusensi yang harus diterima ialah kondisi kesehatan tubuhnya akan semakin buruk dan fatal malahan bisa terjadi kompliksi penyakit berat lainnya salah satu penyakit komplikasi akibat diabetes mellitus adalan gagal ginjal kronis.

Baca juga : Obat Untuk Diabetes Tipe 1 Herbal

Oleh karenanya pentingnya menjaga kesehatan harus mulai kita sadari dari sekarang dan andapun bisa mengikuti beberapa hal atau langkah agar terhindar dan memperkecil resiko terkena diabetes mellitus / kencing manis yakni :
  • Mengkonsumsi makanan dan minuman yang sehat dan bergizi serta kaya akan vitamin, disarankan untuk lebih sering mengkonsumsi makanan dan minuman yang bahan bakunya terbuat dari sayur mayur dan buah-buahan selain sehat namun juga kaya serat yang sangat baik untuk system pencernaan didalam tubuh.
  • Selalu menjaga bobot tubuh agar tidak menjadi obesitas (berat badan seimbang ).
  • Melakukan aktifitas olahraga secara teratur (disarankan untuk rutin), bagi orang yang sedang mengalami obesitas (faktor penyebab diabetes) dianjurkan untuk lebih sering berolahraga kardivaskular yang mana sangat efektif dalam program penurunan berat badan dengan cara menurunkan kadar lemak dan kalori didalam tubuh.
  • Menjauhi dan menghindari paparan asap rokok / tidak merokok, yang paling berbahaya dari rookk ialah asapnya yang mana didalamnya terdapat banyak sekali kandungan zat racun yang dapat meracuni tubuh manusia. Yang mana apabila racun tersebut sudah masuk dan menumpuk kedalam tubuh kita maka akan terjadi penurunan kekebalan tubuh sehingga mudah untuk terkena penyakit.
  • Menghindari makanan dan minuman tidak sehat (banyak lemak dan kolesterol), jenis asupan inilah bisa menimbulkan kadar tekanan darah (penyakit hipertensi) dan kadar kolesterol  (penyakit kolesterol tinggi ) yang tidak terkontrol dan cukup tinggi. Padahal kedua jenis penyakit ini yang bisa memperbesar resiko diabetes mellitus.
  • Istirahat dan tidur  yang cukup.
  • Jangan suka begadang atau tidur larut malam.
Beberapa hal diatas ini merupakan saran yang dapat anda lakukan jika ingin tetap memiliki tubuh yang sehat dan juga jauh dari bahaya penyakit.  Sehat itu nikmat,  iya nikmat dikarnakan kita masih bisa merasakan betapa lezatnya makanan dan segarnya minuman.  Bila dibandingkan orang yang sedang sakit meskipun diberi makanan yang enak  dirinya tetap saja tidak bisa merasakan kenikmatan itu.

Source : www.health.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar